“Karyawan saya protol 18 orang dalam seminggu, ketika sistem Scale Up saya terapkan,” curhat coachee saya saat evaluation meeting.

“Biasa mas, Scale Up ini ibarat memisahkan emas dari lumpur pasir. Karyawan yang bertahan ibarat emas dan yang protol ibarat pasir…” terang saya panjang lebar, sambil terus meyakinkannya untuk melanjutkan program Scale Up.

Scale Up adalah sebuah keniscayaan, karena kalau sebuah bisnis tidak melakukan Scale Up, maka bisnis tersebut bisa stagnan, bahkan bisa hilang ditelan dinamika peradaban.

 Rasulullah Muhammad SAW, jauh-jauh hari sudah mengingatkan: “Barangsiapa hari ini LEBIH BAIK dari hari kemarin, dialah tergolong orang yang BERUNTUNG (SUKSES).

Barangsiapa yang hari ini SAMA DENGAN hari kemarin dialah tergolong orang yang MERUGI (GAGAL), dan Barangsiapa yang hari ini LEBIH BURUK dari hari kemarin dialah tergolong orang yang CELAKA (HANCUR).” (HR. Hakim)

Hanya saja, sering saya melihat beberapa teman terlalu cepat dan memaksakan diri dalam melakukan Scale Up. Sehingga bukan malah kesuksesan yang didapatkan, tapi malah bisnisnya yang berantakan.

Scale Up itu ibarat push up, lihat dulu kemampuan dasar Anda dalam hal push up, mampu berapa kali, baru pelan-pelan ditingkatkan. Kalau tanpa diukur kemampuan push up Anda, lalu tiba-tiba Anda melakukan push up 100 kali, kira-kira apa yang akan terjadi dengan diri Anda?

Maka ukurlah kemampuan dan kelengkapan tim bisnis Anda, kelengkapan SOPnya, kelengkapan sarana dan prasarana yang dimiliki bisnis Anda, kekuatan financial, dan sebagainya.

Setelah terukur semuanya, baru lakukan Scale Up secara bertahap. Jangan terburu-buru. Dari Anas, Rasulullah Muhammad shalallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

التَّأَنيِّ مِنَ اللهِ وَ العُجْلَةُ مِنَ الشَّيْطَانِ

“Sifat perlahan-lahan (sabar) berasal dari Allah. Sedangkan sifat ingin tergesa-gesa itu berasal dari syaithan.” (Hadits ini diriwayatkan oleh Abu Ya’la dalam musnadnya dan Baihaqi dalam Sunanul Qubro. Syaikh Al Albani dalam Al Jami’ Ash Shoghir mengatakan bahwa hadits ini hasan).

Untuk konsultasi Training Motivasi Malang, Outbound MalangBatu RaftingKaliwatu RaftingWisata MalangTravel dan Hotel di Malang Jatim yang sesuai dengan kebutuhan tim anda, Silahkan menghubungi office kami untuk informasi lebih lanjut :

JAKARTA

Jl. Rawamangun Muka Raya No. 5 RT. 4 RW. 14 Rawamangun – Jakarta Timur 13220

Mobile: 081 334 664 876 / 085 311 091 054

SURABAYA

Jl. Nginden Semolo 44 Surabaya

Mobile: 087 836 152 078 / 085 755 059 965

MALANG

Perum Taman Landungsari Indah N1 Malang

Mobile : 082 231 080 521 / 085 791 320 238

No. Telp : 0341 5032699

Pin BB : 5E0C2C45

Email :

indonesiasukses@yahoo.com

indonesia.tips@gmail.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>